Belajar dalam konteks Berkompetisi

Mengangkat satu tema dalam satu tulisan tidak segampang jika kita masih berangan-angan untuk membuat tulisan itu sendiri. Memang semuanya berawal dari angan-angan, namun kita sering mengalami kesulitan pada saat menkonversi angan kita itu ke kenteks yang lebih nyata. Saya sendiri sering mengalami kesulitan dalam menulis dan mengangkat suatu tema untuk sebuah artikel yang akan saya tulis. Hal ini menyadarkan saya untuk meningkatkan skill dan keahlian dalam menulis. Sebagian orang memang terlahir dengan tingkat kealihan yang tinggi di bidang ini. Namun ada juga yang perlu latihan dan membiasakan diri dengan menulis agar skill yang dimiliki semakin meningkat. Orang sering menyebutnya dengan istilah "menambah jam terbang". Sejak tingkat Sekolah Dasar, kita telah dilatih untuk mengembangkan kemampuan kita pada bidang menulis. dan tak ada salahnya jika kita terus melatih dan membiasakan diri kita sendiri.

Wadah untuk meningkatkan jam terbang memang sangat diperlukan. Kita bisa mencari sendiri atau menerima tawaran dari pihak-pihak yang terkait. Salah satu wadah yang bisa kita manfaatkan adalah Blog. ada beberapa penyedia layanan Blog yang bisa kalian gunakan seperti, Blogspot, Wordpress, Multiply, blogdetik dan sebagainya.

Dengan memiliki blog, kita juga bisa mengikuti berbagai kompetisi yang ada di internet. Salah satu kompetisi yang saya ikuti adalah Djarum Black Blog Competition. Kompetisi ini diadakan oleh Djarum Black dan telah sampai pada musim ke-2 (vol 2).

Jika dikaji lebih jauh, kompetisi ini memiliki peranan yang sangat besar untuk meningkatkan skill. Keseriusan benar-benar sangat diperlukan. Tingkat persaingan yang sangat tinggi akan semakin menantang kita agar lebih kreatif dalam berkarya. Djarum Black pada semua kompetisi yang diselenggarakannya selalu mendapat respon yang positif dari berbagai pihak.

Tingkat kesulitan dalam kompetisi ini memaksa saya agar tetap konsisten dan bekerja keras. tidak mudah membuat artikel yang memenuhi syarat dengan ketentuan minimal 20 artikel. butuh alur penulisan yang lebih menunjang untuk menempatkan kata-kata kunci pada setiap artikel. bukan dengan begitu saja menuliskan kata kunci yang terkait tanpa makna yang tepat. saya sendiri sering mengalami kesulitan pada penempatan kata-kata kunci dalam kompetisi ini. Selain kompetisi blog ini, kompetisi Black Innovation Awards juga sangat penting dalam proses pembelajaran masyarakat negeri ini untuk lebih kreatif dan menciptakan inovasi yang bisa mengangkat nama bangsa kita di telinga dunia global.

Dari kesulitan itu sendirilah saya terus berlatih sehingga saya bisa lebih inovatif dalam membuat sebuah artikel. Ada makna tersendiri yang saya petik dari kegiatan ini, "Berkompetisi bukan hanya sekedar menjadi juara, namun untuk belajar dan bisa menjadi juara sejati"
Dengan tulisan ini, saya mengajak kawan2 untuk memberi dukungan berupa voting dalam kompetisi ini. Klick di sini untuk memberikan sedekah waktu yang sangat berarti untuk perkembangan skill blogger Indonesia.
VOTE DI SINI

About the Author

Jeanot

Author & Editor

Web Developer dan Internet Marketer berdomisili di Yogyakarta. Menulis untuk mengenal dunia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Jeanot Nahasan © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com